Jangan Bingung Dalam Memilih Rumah atau Apartemen, Berikut Tutorialnya!

Disaat  membeli hunian rumah atau apartemen, lokasi, fasilitas, dan lingkungan sekitar seringkali menjadi pertimbangan utama.

Jenis hunian yang akan dibeli, memberikan peran besar dalam bagaimana Anda bisa merasakan kekayaan atau aset tersebut.

Sebelum memastikan untuk membeli hunian, tahukah Anda, ada banyak konsekuensi yang wajib ditanggung apabila Anda memilih hunian rumah konvensional atau apartemen.

Hak dan kewajiban yang berkaitan dengan apartemen, dan rumah konvensional tidaklah sama. Ada perbedaan antara rumah-rumah tapak dan apartemen yang menambah atau mengurangi daya tarik masing-masing.

Membeli tempat tinggal yang paling cocok dengan gaya hidup dan keperluan merupakan sebuah keputusan penting.

Baikitu rumah tradisional atau apartemen, faktor penting seperti lokasi, biaya, dan berapa banyak barang yang ingin Anda masukkan ke dalamnya, akan memengaruhi keputusan itu.

Memahami apa yang Anda dapatkan sesudah mengeluarkan sejumlah uang merupakan faktor penting yang tidak boleh dianggap remeh.

Pasalnya, rumah akan menjadi tempat Anda yang kemungkinan besar akan dihuni hingga bertahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Perumahan di Sentul Bogor

Untuk menolong Anda memilih di antara dua macam hunian tersebut, berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum membelinya.

1. Hak Milik

Disaat membeli rumah tradisional, apa yang Anda benar-benar miliki merupakan rumah itu sendiri. Dalam banyak kasus, Anda juga mempunyai tanahnya.

Sementara untuk hunian apartemen, Anda hanya mempunyai ruangan di dalamnya. Paling tidak, Anda juga dapat merasakan fasilitas yang disediakan untuk digunakan secara bersama-sama dengan penghuni lain.

Tetapi dengan membeli hunian apartemen, Anda tidak memiliki tanah pada properti tersebut.

2. Pemeliharaan

Tinggal di rumah tradisional, berarti Anda bertanggung jawab untuk segala perawatannya. Jika ada pekerjaan rumah yang perlu dilakukan, Anda wajib membeli alat atau menyewa jasa orang lain untuk menjalankan pekerjaan tersebut.

Sementara di hunian apartemen, pada beberapa besar kasus, pengelola yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan ruang Anda.

Biaya yang dibebankan terhadap penghuni apartemen umumnya dipakai juga untuk mendanai pemeliharaan dan pembenaran struktur eksternal.

Berdasarkan Front Guides, biaya ini bisa bervariasi tergantung dengan dana yang diperlukan untuk membayar pemeliharaan bagian eksternal dari hunian apartemen.

3. Fitur komunitas

Salah satu profit tinggal di sebuah hunian apartemen diperbandingkan rumah tradisional yaitu bahwa umumnya apartemen atau kondominium mempunyai fitur komunitas.

Lapangan tenis, kolam renang, atau fasilitas berbasis masyarakat lainnya menjadi lebih mudah dipakai dan dipelihara di sebuah kondominium.

Dalam kasus rumah tradisional, fitur tersebut akan sungguh-sungguh mahal karena harus menyewa.

Simak Juga: Perumahan di Sentul