Bingung Akan Menggunakan Lantai Kayu Apa? Simak 6 Pertimbangan Sebelum Memasang Lantai Kayu

Lantai kayu atau yang umumnya disebut sebagai parket (parquet—dalam bahasa Inggris), berasal dari kata parquetry. Parquetry artinya memasang atau menyusun bilah kayu tipis dengan pola geometris pada sebidang lantai. Bagi beberapa orang, kayu mempunyai pesona tersendiri berhubungan dengan warna, serat, ataupun alur batangnya.

Menentukan lantai kayu sebagai pilihan tidak dapat dilepaskan dari berbagai konsekuensi yang menyangkut pada fungsi dan keindahannya. Untuk menentukan pilihan lantai kayu, inilah beberapa pertimbangan sebelum memasang lantai kayu.

1. Fungsi ruang

Variasi ruang dan tingginya traffic Pakai lantai kayu untuk ruang dan tempat yang traffic dan bobot penggunaanya tidak terlalu tinggi. Ruangan yang menjadi pusat aktivitas dan traffic-nya tinggi tidak sesuai diberiakn lantai kayu, sebab banyaknya kegiatan akan menyebabkan lantai rawan akan goresan dan gangguan lain seperti tertumpah air oleh banyaknya orang yang lewat.

2. Tingkat keamanan

Keamanan lebih untuk anak-anak harus diperhatikan. Sifat kayu yang hangat dan lunak lebih aman utnuk anak-anak karena sekiranya terjatuh tidak akan terlalu keras dan memberikan luka dibandingkan disaat kamu menggunakan lantai keramik atau batuan alam (marmer atau granit).\

3. Mempunyai binatang peliharaan

Mempunyai binatang peliharaan seperti anjing dan kucing yang dibolehkan berkeliaran di dalam rumah, tidak cocok menggunakan lantai kayu. Kuku binatang bisa mengancam kemulusan permukaan lantai kayu. Di samping itu, bulunya yang berjatuhan akan membuat lantai kayu kotor dan berdebu.

4. Hindari daerah basah dan lembab

Lantai kayu jangan digunakan di ruang yang berkelembaban tinggi, seperti dekat kamar mandi. Bahan parket yang mengandung kayu akan cepat rapuh oleh udara yang lembap dan air.

5. Perawatan rutin

Seandainya menggunakan lantai kayu pastikan ada orang di rumah yang dapat merawatnya dengan benar dan rutin. Kekeliruan perawatan misalnya disat pembersihan akan mengakibatkan lantai cepat rusak, pudar warnanya dan berkurang keindahannya.

6. Untuk penerapan dalam jangka panjang

Lantai kayu bermutu baik dengan perawatan yang baik dan benar bisa tahan selama 20 tahun. Dalam masa penggunaannya, lantai kayu bisa direfinishing sehingga warnanya tetap cerah dan permukaan tetap halus tanpa goresan.

Baca Juga: Dinding Kayu