Tidak Cuma Menyediakan Kebutuhan Belajarmu, Ini Koperasi Sekolah

koperasi sekolah

Apa yang timbul dibenakmu dikala mendengar kata koperasi sekolah? Daerah membeli kebutuhan sekolah seperti alat tulis, seragam, buku? Atau daerah menabung? Semenjak pertama kali duduk di kursi sekolah pasti kau sudah mengetahui koperasi sekolah.

Tiap-tiap sekolah pasti mempunyai koperasi untuk melayani keperluan siswa ataupun guru. Kau pasti mengandalkan koperasi sekolah dikala peralatan sekolahmu mulai habis atau ada buku yang wajib kau beli di sekolah.

Tapi koperasi sekolah bukan cuma menyediakan kebutuhan sekolahmu. Sudahkan hakekatnya kau mengenal tujuan koperasi sekolah?

Hakekatnya ada tujuan koperasi sekolah yang perlu kau kenal supaya kau bisa memanfaatkan eksistensi koperasi sekolah sebaik mungkin.

Koperasi sekolah merupakan koperasi yang beranggotakan siswa sekolah pada tingkatan pengajaran dasar, pengajaran menengah atau pengajaran berimbang.

Berdasarkan surat keputusan hal yang demikian, yang dimaksud dengan koperasi sekolah merupakan koperasi yang didirikan di sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, Madrasah, dan Pesantren.

Pengurus dan pengelola koperasi merupakan para siswa di bawah nasehat kepala sekolah dan guru-guru, secara khusus guru bidang studi ekonomi dan koperasi.

Tanggung jawab ke luar koperasi sekolah tak dikerjakan oleh pengurus koperasi sekolah, tapi oleh kepala sekolah. Pembinaan kepada koperasi sekolah dijalankan bersama antara Kantor Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, serta Departemen Pengajaran Nasional.

Koperasi sekolah tak berbadan regulasi seperti koperasi-koperasi lainnya sebab siswa pada biasanya belum kapabel menjalankan perbuatan regulasi.

Pendirian Koperasi Sekolah Koperasi sekolah diinginkan menjadi sarana bagi pelajar untuk belajar menjalankan usaha kecil-kecilan, mengoptimalkan kesanggupan berorganisasi, mendukung kultur untuk berinovasi, belajar menuntaskan problem, dan sebagainya.

Untuk itu dalam mendirikan koperasi sekolah, dibutuhkan pertimbangan-pertimbangan supaya serasi dengan apa yang diinginkan.

Wujud Usaha Koperasi Sekolah
Usaha koperasi sekolah terdiri dari sebagian format, di antaranya merupakan:Unit Usaha Kios, merupakan unit usaha yang memasarkan alat tulis, buku pembelajaran, seragam sekolah, dan beraneka kelengkapan lainnya.

Unit Usaha Kafetaria, merupakan unit usaha yang memasarkan aneka makanan dan minuman bagi para siswa.

Unit Usaha Simpan Pinjam, merupakan unit usaha yang mengharuskan para member membayar simpanan mesti koperasi dan simpanan sukarela sehingga bisa diciptakan modal usaha koperasi.

Unit Usaha Jasa, merupakan unit usaha yang memasarkan jasa bagi para anggotanya. Semisal jasa pengetikan, jasa penjilidan, dan jasa fotocopy.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.