Keeksotisan Pulau Sumba Kian Diketahui Pelancong

Keeksotisan Pulau Sumba Kian Diketahui Pelancong
Kepala Badan Sentra Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maritje Pattiwaellapea mengemukakan arus penumpang pesawat udara yang masuk lewat pintu Airport Tambolaka di Sumba Barat Kekuatan dan Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur terus mengalami peningkatan. “Penumpang angkutan udara ke Pulau Sumba terus meningkat seperti dari hasil pencatatan kami dari Juni ke Juli 2018 lewat Airport Umbu Mehang Kunda naik 15,91 persen, sementara Airport Tambolaka naik 22,37 persen,” kata Maritje Pattiwaellapea di Kupang, Senin (3/9/2018).
Dia membeberkan jumlah penumpang pesawat udara ke Pulau Sumba lewat pintu masuk Airport Umbu Mehang Kunda di Kabupaten Sumba Timur pada Juni 2018 sebanyak 7.631 orang, dan terus meningkat sampai 8.845 orang pada Juli 2018.

Baca juga : Tour sumba

Kenaikan penumpang pesawat udara ini dievaluasi cukup signifikan kalau diperbandingkan dengan jumlah penumpang yang terjadi pada April 2018 yang cuma menempuh 6.666 orang dan sedikit meningkat pada Mei 2018 sekitar 7.096 orang. Sementara, jumlah penumpang yang masuk lewat Airport Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Kekuatan pada Juni sebesar 11.207 orang dan naik menjadi 13.714 orang pada Juli 2018. Maritje membeberkan, jumlah ini juga terkoreksi meningkat dari April sebanyak 9.995 orang, meski pada Mei sebanyak 9.875 orang.

Menurutnya, peningkatan arus kunjungan lewat trek udara itu seiring dengan perkembangan sektor pariwisata di Pulau Sumba yang kian cepat. Aktivitas pariwisata seperti parade kuda sandalwood dan Festival Tenun Ikat di Pulau Sumba, ikut berkontribusi kepada peningkatan arus kunjungan pelancong ke Tanah Sumba. “Banyak pelancong berkunjung ke Sumba, bagus lewat Kupang ataupun segera dari Denpasar, Bali yang terhubung dengan penerbangan segera ke tempat setempat,” katanya. Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengaku optimistis arus pelancong ke Sumba akan terus meningkat di masa akan datang, paralel dengan terus berkembangnya sektor pariwisata di pulau itu.

Dia menyebut, sejumlah branding pariwisata Pulau Sumba yang menarik ketertarikan pelancong seperti kuda sandalwood, tenun ikat, resor terbaik dunia di Nihiwatu, kekayaan adat istiadat megalitikum, serta tamasya alam laut dan pantai. “Dari kajian juga menonjolkan bahwa Pulau Sumba telah menjadi target utama kunjungan pelancong sesudah dari Taman Nasional Komodo, sehingga telah menggeser ketertarikan kunjungan pelancong ke Taman Nasional Kelimutu di Kabuoaten Ende,” katanya.

 

 

 

Artikel terkait : Sewa mobil di sumba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.